CLOSE
  • Anggun Pastika Sandi
  • 09 July 2019
  • Visitor
  • Pengumuman
“ISLAM EKSKLUSIF TRANSNASIONAL MEREBAK DI KAMPUS-KAMPUS NEGERI”  (Ringkasan Laporan Penelitian Kualitatif di Delapan PTN Jawa Tengah dan DIY)

Sepanjang Desember 2018 hingga Januari 2019, LPPM UNUSIA melaksanakan penelitian tentang radikalisme Islam di kampus. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan radikalisme Islam di kampus: aktor, supporting actor, berbagai kegiatan, narasi, serta respon kampus terhadap gejala radikalisme. Penelitian lapangan selesai dilaksanakan akhir Januari tahun ini.

Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif di delapan kampus, enam di Jawa Tengah dan dua di Yogyakarta. Kedelapan kampus tersebut adalah UNSOED dan IAIN di Purwokerto, UNNES dan UNDIP di Semarang, UNS dan IAIN Surakarta di Surakarta (Solo), serta UGM dan UNY di Yogyakarta. Dari temuan lapangan tersebut secara umum penelitian tersebut mendapatkan gambaran tentang aktor dan proses reproduksi sosial atas radikalisme Islam di kedelapan kampus. Dengan kata lain, sejauh ini radikalisme Islam memang ada dan berkembang di dalam kampus. Salah satu temuan utama dalam penelitian ini juga kecenderungan menguatnya pandangan mayoritarianisme di kalangan aktivis muslim kampus.

Temuan-temuan penelitian telah dipresentasikan dan didiskusikan bersama sejumlah pakar dan stakeholder pada tanggal 20 Februari lalu. Para pakar dari berbagai lembaga yang memiliki concern khusus terhadap isu radikalisme dan terorisme tersebut memberikan berbagai masukan terkait metodologi, masalah penelitian, validitas data, serta kesimpulan. Selain itu di forum tersebut kami juga menerima masukan terkait posisi penelitian dalam konteks sejumlah penelitian yang telah dilakukan dengan tema serupa serta literatur yang relevan untuk dijadikan sebagai acuan.

Berbagai masukan tersebut merupakan bahan-bahan yang sangat berharga bagi penyempurnaan laporan akhir penelitian yang LPPM UNUSIA lakukan. Selama beberapa pekan proses laporan dituliskan dengan berbagai masukan tersebut, tiba saatnya bagi LPPM untuk mempresentasikan hasil penelitiannya kepada publik. Kegiatan yang dipaparkan dalam dokumen ini menggambarkan rencana pelaksanaan kegiatan public discussion yang pada dasarnya adalah presentasi hasil penelitian serta menyerap masukan dari khalayak yang lebih luas.