Search

Shopping cart

Program Studi

S1 Pendidikan Guru MI

Profil Singkat

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Prodi PGMI UNUSIA) merupakan Program Studi yang berada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Prodi PGMI didirikan berdasarkan inisiasi dan analisis dari LP Maarif NU serta Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU). LP Maarif NU dan PERGUNU melihat kebutuhan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berkualifikasi dan professional sangat diperlukan berdasarkan fakta di lapangan yang menunjukkan banyak Guru Madrasah Ibtidaiyah yang belum memiliki kualifikasi dengan kemajuan dan perkembangan pendidikan madrasah saat ini. Sehingga pada tahun 2017 Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia mengajukan untuk membuka Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan mendapatkan izin penyelenggaraan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor: 489 tahun 2017 tentang izin penyelenggaraan program studi pada program sarjana dan magister tinggi keagamaan swasta. Adapun penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dilaksanakan pada tahun 2018.

Visi

Menjadi program studi unggul yang dapat menghasilkan guru smart, kreatif, dan inovatif dalam menjalankan profesi keguruan pada jenjang MI/SD berlandaskan faham ahlusunnah wal jamaah pada tahun 2025.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dan beretika;
  • Melaksanakan penelitian untuk pengembangan keilmuan yang relevan dengan pendidikan madrasah ibtidaiyah;
  • Mengembangkan komitmen dan budaya akademik berlandaskan faham ahlussunnah wal jamaah;
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan mengintegrasikan kompetensi akademik dengan kebutuhan masyarakat;
  • Melaksanakan evaluasi berkelanjutan sesuai tuntutan stakeholders.

1. Menghasilkan sarjana yang smart, kreatif, dan inovatif dengan pemahaman ahlussunnah wal jamaah yang kuat pada bidang pendidikan MI/SD yang memiliki kepribadian keindonesian;

2. Menghasilkan penelitian dan hasil penelitian yang dapat mengembangkan pendidikan madrasah ibtidaiyah;

3. Terciptanya suasana akademik kampus yang nyaman dan kondusif;

4. Menghasilkan berbagai macam pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kompetensi akademik program studi;

5. Terjalinnya komunikasi aktif dengan stakeholders.

a. Strategi Jangka Pendek (2021-2022)
1) Bidang Pendidikan meliputi: a) Melengkapi dan menyempurnakan instrumen perkuliahan (RPS atau Rencana Pembelajaran Semester) sesuai dengan tagihan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan MBKM, berdasarkan perkembangan Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta dinamika masyarakat, b) Melaksanakan proses perkuliahan dengan disiplin yang ketat berdasarkan Sistem Paket, c) Memaksimalkan pemanfaatan media berbasis teknologi informasi untuk dosen dan mahasiswa. 2) Bidang Penelitian meliputi: a) Melaksanakan workshop penulisan artikel ilmiah untuk diterbitkan dalam jurnal, b) Merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan penelitian setiap semester bagi dosen dengan mensosialisasikan agenda penelitian oleh program studi, c) Melibatkan mahasiswa Prodi PGMI dalam penelitian dosen prodi, d) Mempublikasikan hasil penelitan dosen dan mahasiswa dalam dalam seminar nasional atau konferensi internasional dalam negeri, e) Mencari peluang penelitian dengan menggunakan pola kerjasama dengan pihak ketiga, baik pemerintah maupun swasta, f) Menyelenggarakan seminar atau diskusi terbuka mengenai masalah-masalah kemasyarakatan berbasis pada penelitian di bidang Keguruan dan Ilmu Pendidika bagi mahasiswa. 3) Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat meliputi: a) Membentuk beberapa tim pengabdian kepada masyarakat yang merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, b) Melaksanakan pengabdian kelompok dengan menjadi tenaga ahli atau konsultan ahli di lembaga pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat, c) Mengadakan kegiatan sosial kolaborasi dosen dan mahasiswa di masyarakat lingkungan kampus, d) Melakukan kerjasama dengan pihak ketiga baik lembaga pemerintah maupun swasta untuk melakukan program pengabdian kepada masyarakat, e) Mengarahkan mahasiswa untuk aktif dalam organisasi kemasyarakatan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya, seperti di majlis taklim, masjid, karang taruna, dan lain-lain.

b. Strategi Jangka Menengah (2021 – 2023)
1) Bidang Pendidikan, meliputi: a) Melakukan pembaharuan kurikulum sesuai dengan umpan balik dari dosen, mahasiswa, stakeholder, dan pengguna, b) Mengoptimalkan perkembangan aplikasi teknologi informasi dalam kegiatan belajar- mengajar di kelas, c) Meningkatkan kompetensi dosen dengan memfasilitasi partisipasi mereka dalam forum ilmiah, d) Melakukan evaluasi internal terhadap silabus serta RPS setiap mata kuliah dengan melibatkan Lembaga Penjamin Mutu Fakultas (UPM) FKIP. 2) Bidang Penelitian meliputi: a) Mengoptimalkan peran aktif dosen di lingkungan Prodi PGMI dalam pemanfaatan peluang dana hibah penelitian yang disponsori oleh pemerintah, lembaga non-pemerintah (LSM) dan organisasi kemasyarakatan, c) Mengoptimalkan kegiatan lokakarya akademik, penulisan buku ajar, dan modul/bahan ajar, d) Mempublikasikan hasil penelitian dosen dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional berindeks scopus, e) Menyelenggarakan seminar atau diskusi terbuka mengenai masalah-masalah kemasyarakatan berbasis pada penelitian sosial di bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan bagi mahasiswa. 3) Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat meliputi: a) Meningkatkan jumlah kegiatan kelompok pengabdian kepada masyarakat oleh dosen bersama mahasiswa, b) Meningkatkan jumlah partisipasi dosen untuk secara aktif membantu kegiatan pemerintahan, lembaga non-pemerintah dan organisasi kemasyarakatan sebagai pakar atau konsultan ahli, c) Meningkatkan kerjasama dengan pihak ketiga baik pemerintah maupun non-pemerintah dalam melakukan program pengabdian kepada masyarakat, d) Meningkatkan kontribusi mahasiswa dalam berorganisasi kemasyarakatan.

c. Strategi Jangka Panjang (2021 – 2025)
1) Bidang Pendidikan, meliputi: a) Mengevaluasi perangkat pembelajaran (RPS, modul, dan lain-lain) sesuai kurikulum KKNI dan perkembangan dinamika masyarakat, b) Pembaharuan metode pembelajaran dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi, c) Meningkatkan keikutsertaan dosen dalam pelatihan-pelatihan yang relevan dengan bidang ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan di tingkat nasional maupun internasional, d) Memiliki gugus mutu internal yang mandiri untuk mengevaluasi silabus serta RPS setiap mata kuliah. 2) Bidang Penelitian meliputi: a) Memberikan penghargaan kepada dosen yang aktif dalam kegiatan penelitian dan yang menerbitkan hasil penelitiannya di jurnal nasional terakreditasi berupa bantuan akomodasi untuk mengikuti konferensi nasional dalam negeri, b) Mewajibkan penelitian mahasiswa terintegrasi dalam jurnal di tingkat lokal dan nasional, c) Mengoptimalkan peran Laboratorium sebagai wadah dosen prodi untuk mengembangkan kajian dan penelitian di bidang Pendidikan Dasar. 3) Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat meliputi: a) Memberikan penghargaan kepada dosen yang aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, b) Mewajibkan program pengabdian kepada masyarakat pada mahasiswa setiap semester yang didampingi oleh dosen di tingkat lokal maupun nasional, c) Mewajibkan dosen dan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam berorganisasi kemasyarakatan, d) Memfasilitasi kegiatan pemerintah dengan melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai penggerak dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, e) Meningkatkan perolehan program dana hibah pengabdian kepada masyarakat dari pemerintah maupun non-pemerintah oleh dosen prodi.

Asna Lutfa, M.PFis.
Kaprodi
Amaira Utami, M.Pd.
Sekprodi

Pilih prodi terbaikmu, daftar sekarang!