Search

Shopping cart

Program Studi

S3 Sejarah Peradaban Islam

Profil singkat

Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan salah satu program sarjana yang berada pada naungan Fakultas Islam Nusantara (FIN) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta. Program Studi SPI didirikan pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNUSIA No. 777/300.01.11/XII/2017. Program Studi SPI Fakultas Islam Nusantara UNUSIA Jakarta berusaha untuk menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi Islam yang berkomitmen mengembangan nilai-nilai Islam nusantara yang ramah, moderat dan anti kekerasan. Berdasarkan Rencana Strategis tahun 2020, Program Studi SPI Fakultas Islam Nusantara UNUSIA Jakarta bertekad untuk menempa peserta didiknya menjadi manusia yang unggul, toleran dan mampu menjawab problematika sosial di tengah arus globalisasi. Selain itu, Program Studi SPI Fakultas Islam Nusantara UNUSIA Jakarta juga berkhidmat secara sungguh-sungguh untuk mencetak lulusannya menjadi intelektual yang handal, memiliki integritas moral serta mampu mengejawantahkan pesan-pesan ilahi dalam segala aktivitas kehidupannya.

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dan terkemuka pada tingkat nasional di tahun 2024 dalam pengintegrasian dan pengembangan studi keislaman dan keilmuan sosial-humaniora bagi kemajuan peradaban bangsa.

Misi

  • Mengembangkan pendidikan dan pengajaran jenjang sarjana yang interkonektif-integratif, transformatif dan multikultural.
  • Mengembangkan wawasan keislaman dan keilmuan yang inklusif dan transendental.
  • Meningkatkan riset dan pengembangan keislaman dan keilmuan yang kontributif bagi khazanah peradaban umat.
  • Memajukan peradaban dalam bingkai universalitas nilai-nilai Islam dalam kebhinekaan Indonesia.
  • Membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pelayanan akademik dan kemasyarakatan.

1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, bertakwa kepada Allah swt, berwawasan luas, menjadi penuntut ilmu yang berkelanjutan, dan berintegritas tinggi, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

2. Menghasilkan karya penelitian yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara serta komunitas dunia.

3. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kepekaan dan kepedulian sosial tinggi sehingga mampu berperan secara nyata dalam pemberdayaan masyarakat.

1. Restructuring, yaitu menyelaraskan struktur SPI S1 FIN UNUSIA Jakarta dengan tuntutan pengelolaan perguruan tinggi yang efektif dan efisien. Strategi ini adalah langkah awal untuk mewujudkan tata kelola perguruan tinggi.

2. Re-engineering, yaitu menerapkan prinsip kerja good university governance ke dalam sistem manajemen perguruan tinggi. Mekanisme kerja dan Standard Operating System (SOP) seluruh unit satuan kerja dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi perlu dirumuskan kembali. Tujuannya supaya setiap unit satuan kerja bisa menjadi wadah dan instrumen untuk pengembangan institusi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

3. Retraining, yaitu menyelenggarakan pelatihan bagi dosen (pendidik) dan tenaga kependidikan (pegawai) untuk meningkatkan kompetensi dan mengubah pola pikir mereka dalam mengelola program-program kegiatan akademik dan non-akademik. Fokus utama pelatihan dan perubahan pola pikir tersebut adalah dalam hal kepemimpinan, keterampilan manajerial.

4. Re-positioning, yaitu memposisikan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk memangku jabatan di berbagai unit satuan kerja di lingkungan SPI S1 FIN UNUSIA Jakarta dengan prinsip “orang yang tepat harus berada pada posisi yang tepat”. Dengan demikian tenaga pendidik dan kependidikan diharapkan mampu menjadi penggerak utama dalam pengembangan unit satuan kerja dalam pengembangan unit satuan kerja yang dipimpinnya.

5. Re-modelling, yaitu mendorong munculnya budaya kerja SPI S1 FIN UNUSIA Jakarta yang kondusif dan menuju kampus yang berkualitas dan berdaya saing. Kepemimpinan institusional harus bisa diteladani oleh semua tenaga pendidik dan kependidikan di unit satuan kerjasnya masing-masing sehingga berkembang budaya dan etos kerja akademik yang profesional, jujur dan berkualitas dalam berkarya serta mampu bekerja dalam satu tim yang solid. Model kepemimpinan seperti ini diharapkan akan menumbuhkan budaya kerja bermutu yang akan memudahkan terwujudnya ‘good governance university’ di SPI S1 FIN UNUSIA Jakarta.

Dr. Maria Ulfah Anshor, M.Si
Kaprodi
-
Sekprodi

Pilih prodi terbaikmu, daftar sekarang!