Search

Shopping cart

Satuan Pengawas Internal

Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Profil singkat

Satuan Pengawas Internal Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (SPI UNUSIA) merupakan sebuah lembaga yang dibentuk dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola universitas yang lebih profesional, independen, transparan, kredibel, serta taat pada peraturan perundangan dan peraturan lain yang berlaku guna mengimplementasikan prinsip-prinsip dalam good university governance sebagai wujud kontribusi terhadap pendidikan nasional yang semakin berkualitas dan sebagai langkah dalam menjadi universitas yang tidak hanya unggul dari sisi kualitas akademik, namun juga dari sisi nonakademik.
Penerbitan SK Rektor Nomor 017 Tahun 2021 pada Januari 2021 menjadi awal terbentuknya SPI UNUSIA. Dalam rangka mencapai kualitas tata kelola universitas yang lebih baik, SPI UNUSIA menjalankan fungsi yang bukan hanya sebagai pemeriksa (watchdog) di bidang nonakademik di lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, namun juga memberikan arahan perbaikan (consultant), menjembatani antarunit dalam rangka perbaikan (catalyst), serta mendorong untuk terus meningkatkan mutu (quality improvement).

Visi

“Menjadi Lembaga yang Profesional, Independen, Transparan, Kredibel, dan Berintegritas Demi Mewujudkan Good University Governance untuk Meningkatkan Kualitas dan Tata Kelola Universitas.”

Misi

  • Membantu pimpinan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia dalam mewujudkan Good University Governance di bidang nonakademik.
  • Memastikan pelaksanaan sistem pengelolaan yang mengandung prinsip profesional, independen, transparan, kredibel, dan integritas.
  • Memberikan rekomendasi perbaikan dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan dan tanggung jawab keuangan serta kinerja nonakademik lainnya.
  • Membantu pimpinan dalam menyusun peta risiko (manajemen risiko) di bidang nonakademik dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.
  • Melakukan pengawasan dan pendampingan mengenai tata kelola pada bidang pengelolaan keuangan (perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban), sumber daya manusia, perencanaan, pengelolaan kemahasiswaan di bidang nonakademik, serta kerja sama.
  • Melakukan perencanaan, reviu, pemantauan dan bentuk pengawasan lainnya atas kegiatan objek pengawasan, evaluasi tindak lanjut hasil pengawasan, serta pemeriksaan kinerja nonakademik universitas.
  • Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi personel SPI UNUSIA.
  • Melakukan kerja sama dan kolaborasi dengan SPI yang berasal dari perguruan tinggi lain ataupun lembaga lain yang terkait guna meningkatkan kinerja SPI UNUSIA dan kualitas UNUSIA secara keseluruhan.

1. Mewujudkan Good University Governance di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia guna meningkatkan kualitas tata kelola universitas.

2. Mewujudkan pelaksanaan sistem pengelolaan untuk meningkatan kepatuhan terhadap hukum, peraturan, standar, dan kebijakan yang berlaku di lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia dengan prinsip profesional, independen, transparan, kredibel, dan integritas.

3. Menjadi lembaga yang mampu memberikan rekomendasi perbaikan dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan dan tanggung jawab keuangan serta kinerja nonakademik universitas lainnya.

4. Tersusunnya peta risiko (manajemen risiko) atas penyelenggaraan pendidikan tinggi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia dalam bidang nonakademik.

5. Pengawasan dan pendampingan mengenai tata kelola bidang pengelolaan keuangan (perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban), sumber daya manusia, perencanaan, serta pengelolaan kemahasiswaan bidang nonakademik dan kerja sama.

6. Perencanaan, reviu, pemantauan, pengawasan lainnya, evaluasi tindak lanjut hasil pengawasan, serta pemeriksaan kinerja nonakademik universitas.

7. Peningkatan kompetensi personel SPI UNUSIA.

8. Peningkatan kerja sama dan kolaborasi dengan SPI yang berasal dari perguruan tinggi lain ataupun lembaga lain yang terkait guna meningkatkan kinerja SPI UNUSIA dan kualitas UNUSIA secara keseluruhan.

SPI UNUSIA memiliki kedudukan di bawah Rektor dan memiliki tanggung jawab langsung serta menyampaikan laporan hasil pemeriksaannya kepada Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia.

Rektor selaku pimpinan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia membentuk unit Satuan Pengawasan Internal (SPI) dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan internal di bidang nonakademik. SPI Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia terdiri dari ketua dan sekretaris.

Syahadah Albaqiyatul Karimah, M.Pd
Sekretaris

Pilih prodi terbaikmu, daftar sekarang!